Home > Tips > Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Bagaimana membuat rumah sejuk tanpa AC? Pendingin ruangan (AC) digunakan sebagai salah satu jalan pintas jika rumah terasa panas. Hal itu sudah menjadi kebiasaan umum. Padahal dibalik itu ada dampak negatifnya. Anda ingin mengurangi biaya pengeluaran listrik sekaligus lebih ramah lingkungan, ikuti tips berikut ini.

Rumah Sejuk Tanpa AC Taman Dalam Rumah Minimalis Rumah Sejuk Tanpa AC Sirkulasi Udara Rumah Sejuk Tanpa AC Dengan Ventilasi silang Rumah Sejuk Tanpa AC Bukaan Bawah Atap

Beberapa Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

  • Styrofoam
    Styrofoam merupakan isolasi thermal yang baik. Biasanya dinding styrofoam banyak dipakai di studio rekaman yang fungsinya sebagai peredam suara. Namun, kenyataannya struktur styrofoam susunannya adalah berasal dari butiran itu tidak dapat menghantarkan panas. Anda dapat menambahkan styrofoam di bawah genteng atau di dinding rumah Anda untuk mengurangi hantaran panas.
  • Perbanyak Tanaman
    Tanaman yang rindang di pekarangan membantu rumah Anda menjadi terasa sejuk. Namun, bagaimana jika halaman rumah terbatas? Solusinya,tanaman rambat bisa Anda tanam menggunakan pergola atau pilih tanaman yang merambat di dinding. Keuntungannya adalah membuat suasana sejuk, selain itu tanaman juga banyak memasok oksigen bagi penghuni rumah.
  • Bukaan yang Cukup
    Rumah harus memiliki banyak bukaan, sehingga cahaya dan udara alami yang masuk cukup. Hal ini juga bisa dijadikan solusi untuk rumah dengan plafon rendah.
  • Ventilasi Silang
    Ruangan yang hanya dilengkapi sebuah jendela saja ternyata tidak cukup, pertukaran udara tidak akan berjalan baik. Anda perlu membuat ventilasi silang (cross ventilation), atau setidaknya ruangan punya dua buah jendela atau lubang angin yang berhadapan.
  • Langit-langit Tinggi
    Rumah dengan plafon rendah akan terasa sempit dan sumpek. Sebaliknya, plafon tinggi membuat ruangan Anda terkesan luas dan terasa sejuk. Mungkin Anda memilih ide untuk menghilangkan plafon sehingga ruang terbuka hingga atap. Anda bisa menggunakan lapisan aluminium foil dan memasangnya di bawah genteng untuk mengurangi panas.
  • Turbine Ventilator
    Turbine ventilator yang dilengkapi dengan sirip-sirip untuk menangkap angin bisa Anda pasang di atap rumah. Prosesnya yaitu angin yang berembus ditangkap sirip, kemudian dialirkan ke dalam ruangan, sehingga sirkulasi udara dalam ruangan terjadi.
  • Kaca Film
    Jenis kaca film yang beredar di pasaran diantaranya yaitu: sekadar untuk menjaga privasi, untuk keamanan rumah, dan menolak panas matahari masuk ke dalam rumah. Kaca film jenis terakhir tersebut kini mulai banyak digunakan di gedung atau hunian berkonsep ramah lingkungan, yang tujuannya sinar matahari tetap masuk tetapi tidak membuat ruangan menjadi gerah.

Itu tadi beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan untuk membuat rumah sejuk tanpa AC. Sehingga dengan demikian Anda dapat menghemat listrik dan yang pasti ramah lingkungan.

Baca Juga Ini:

About Heri Kusdianto

Check Also

Cara Menata Dapur Agar Rapi Dan Bersih

Cara Menata Dapur Agar Rapi Dan Bersih

Cara menata dapur agar rapi dan bersih memang membutuhkan penanganan khusus. Dapur sebagai area kegiatan …

Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC