HOME
Home » Renovasi » Cara Menekan Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Cara Menekan Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Posted at September 29th, 2015 | Categorised in Renovasi

Siapa yang tak ingin bisa melakukan renovasi rumah dengan hasil yang memuaskan namun dengan biaya yang relatif rendah. Sayangnya, kenyataan dilapangan lebih sering berlawanan dengan harapan, bahkan ketika mereka sebenarnya hanya berencana membangun rumah minimalis yang simpel. Kebanyakan orang justru mengakui biaya renovasi rumah minimalis mereka bukannya bisa dihemat malah membengkak melebihi budget.

Biaya Renovasi Rumah Minimalis Hitung Anggaran

Akhirnya banyak orang mengatakan untuk setidaknya menyiapkan dana tak terduga sampai 20 % dari total budget awal. Bukankah dana tak terduga sebesar ini relatif sangat besar? Seharusnya biaya tak terduga hanya menempati porsi 10 % saja. Dan terkadang budget yang sudah Anda tentukan dalam Rencana Anggaran Biaya bisa jadi sebenarnya masih bisa Anda tekan menjadi lebih rasional dan tidak memberatkan.

Bagaimana sebenarnya cara tepat untuk bisa menekan biaya renovasi rumah minimalis yang simpel dan sederhana tanpa membuat hasil akhir renovasi menjadi mengecewakan?

Cara Untuk Menekan Biaya Renovasi Rumah Minimalis

  1. Tentukan skala prioritas
    Tentukan dulu mana yang menjadi prioritas renovasi yang akan Anda lakukan. Ini membantu Anda supaya hal-hal terpenting dalam rencana renovasi Anda bisa terlaksana. Dan ini juga membantu Anda menentukan anggaran pokok dari rencana renovasi yang akan Anda jalankan. Kadang renovasi juga bisa Anda jalankan secara bertahap dengan memilih mendahulukan priorias utama sesuai dengan dana yang tersedia saat ini.
  2. Perhatikan materi yang sudah ada
    Ketika Anda perlu melakukan renovasi, bisa jadi memang Anda harus memugar dan membongkar bangunan yang sudah ada. Tapi tak selamanya bangunan lama sepenuhnya harus Anda buang. Bila Anda lakukan dengan lebih baik, bisa jadi beberapa bagian material masih bisa Anda gunakan kembali. Dan ini jelas akan membantu Anda menghemat biaya.
  3. Tentukan anggaran
    Sudah memutuskan skala prioritas, kini saatnya Anda survey ke penjual material untuk mengetahui harga dari semua bahan material yang Anda butuhkan. Lalu lakukan estimasi biaya yang perlu Anda keluarkan sebagaimana Anda menyusun RAB. Pusatkan perhatian dan fokus Anda pada prioritas utama Anda dulu sebelum Anda memutuskan untuk memperluas rencana renovasi pada pengembangan yang bersifat sekunder. Jangan ragu mencari tau material alternatif yang lebih murah dengan kualitas sama baiknya atau model minimalis yang lebih murah dengan tampilan yang tak kalah menarik.

Pilihan-pilihan sederhana ini bisa membantu Anda menekan biaya renovasi rumah minimalis tanpa membuat Anda kecewa dengan hasil akhirnya. Dan Anda bisa memulai renovasi Anda beberapa waktu lebih awal berkat langkah hemat Anda.

Bacaan Terkait: