HOME
Home » Perumahan » Kawasan Perumahan Baru Dan Murah Di Yogyakarta

Kawasan Perumahan Baru Dan Murah Di Yogyakarta

Posted at February 17th, 2015 | Categorised in Perumahan

Selama ini perkembangan property di kawasan Yogyakarta lebih terfokus pada kawasan utara Yogya, terutama di sekitar kawasan kaki merapi dan sekitar kawasan perkampusan. Keberadaan beberapa kampus di kawasan ini menjadi satu pemicu banyaknya developer membangun perumahan di kawasan ini. Namun kini ketika pasar mulai jenuh dan terbatasnya lahan, muncul kawasan pengembangan perumahan baru di luar kawasan utara Yogya.

Kisaran 15 tahun lalu, kawasan utara Jogja memang masih terbilang perawan dan belum terlalu banyak tersentuh pasar property. Ketika itu harga perumahan baru masih bisa berada dalam ranah harga di bawah 100 juta. Malah pada hunian type 36 kebawah, harga hunian ada yang masih menyentuh nilai dibawah 50 juta.

Namun kini harga tanah di kawasan utara Yogya terbilang tinggi. Bahkan beberapa mencapai harga 1,5 juta permeter kubik, untuk pinggir jalan besar tentu harga akan sangat jauh berbeda. Ini membuat harga property di kawasan utara Yogya menjadi relatif tinggi dan tidak tercapai oleh kalangan menengah kebawah.

Sebagian besar perumahan tersebut menawarkan desain arsitektur rumah minimalis. Karena memang desain rumah minimalis masih menjadi trend di tahun 2015 ini. Bagi kebanyakan orang membeli rumah membutuhkan proses tersendiri, sehingga harus memperhatikan tips membeli rumah dalam perumahan. Agar proses membeli rumah dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Perumahan Baru Jogja Perumahan Baru Tingkat 2 Lantai Perumahan Baru Type 36 Perumahan Baru Type 45

Kawasan Perumahan Baru Murah Di Yogyakarta

Itu sebabnya, kini kota Yogya membuka kawasan mengembangan perumahan baru yang bisa menawarkan produk property dengan harga lebih terjangkau terutama oleh kalangan menengah ke bawah. Setidaknya bisa mencapai harga pasaran di bawah 100 juta untuk type hunian kecil macam type 21 dan type 36.

Beberapa titik di kawasan Yogya yang mulai membuka perumahan baru antara lain kawasan Sedayu di perbatasan antara kota Yogya dengan kota Wates Kulonprogo. Meski terhitung berada di luar kota, tetapi jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dari pusat kota dan pastinya harga tanah di kawasan ini masih pada kisaran 400 jutaan.

Kawasan lain yang mulai menjadi sentra perumahan baru adalah daerah Sidoarum Godean. Kawasan ini sedikit lebih tinggi dari kawasan Sedayu sehingga udara lebih segar. Transportasi memang tidak sebaik kawasan Sedayu, tetapi beberapa titik lokasi memiliki tanah dengan harga lebih miring.

Kawasan yang juga mulai banyak dilirik para developer adalah kawasan Piyungan dan Berbah yang berada di antara Prambanan dan Jalan Wonosari. Harga tanah di kawasan ini memang tidak lagi semurah kawasan Sedayu, tetapi lokasinya cenderung masih sejuk dan akses ke pusat kota juga jauh lebih mudah.

Dan satu lagi titik yang cukup banyak diminati developer adalah kawasan Bantul sekitar Imogiri utara. Karena lahan ini menunjukan ketahanan terhadap gempa dibandingkan daerah lain di kawasan bantul. Lahan di sini masih sangat murah karena efek trauma gempa. Masih ada lahan yang dijual dengan harga 200 ribuan permeter dan akan sangat cocok menjadi kawasan perumahan baru murah meriah.

Bacaan Terkait: