HOME
Home » Taman » Membangun Sendiri Taman Kecil Depan Rumah

Membangun Sendiri Taman Kecil Depan Rumah

Posted at March 22nd, 2015 | Categorised in Taman

Anda hanya memiliki sisa lahan kecil di depan rumah yang ukurannya tak lebih dari 1×1 m. Rasanya memang hampir putus asa untuk bisa menghadirkan area taman yang memikat dan asri dengan area sekecil ini. Tetapi rupanya ada saja cara kreatif untuk bisa menyulap lahan super kecil Anda ini menjadi taman kecil depan rumah yang apik dan asri.

Tentu saja kekuatan Anda terletak pada kreativitas Anda. Bagaimana memanfaatkan lahan kecil Anda ini justru sebagai sebuah keunikan yang memberi efek positif bagi taman itu sendiri. Bahkan lebih dari itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa benda sederhana untuk menjadi material dalam taman Anda. Kadang justru pencarian Anda akan berakhir pada sebuah material yang akan membuat taman Anda lebih dari sekedar taman biasa.

Taman Kecil Depan Rumah Alami Taman Kecil Depan Rumah Bertingkat Taman Kecil Depan Rumah Bundar Batu Alam Taman Kecil Depan Rumah Eropa Taman Kecil Depan Rumah Minimalis Taman Kecil Depan Rumah Minimalis Sederhana Taman Kecil Depan Rumah Batu Alam Taman Kecil Depan Rumah Sederhana

Cara paling apik untuk menata taman kecil depan rumah dengan lahan super sempit ini adalah dengan membangun taman bertrap atau malah sekalian saja Anda membentuk taman vertikal atau semi vertikal. Bisa pula Anda gabungkan dua gaya, taman vertikal dengan beberapa tanaman di bawah sebagai penyeimbang. Area tanah yang luasnya sangat terbatas ini dalam sekejab akan berubah seolah sangat luas berkat penerapan sistem ini.

Seperti pada taman kecil depan rumah berikut ini. Pembuatnya sengaja membuat taman seolah seperti bertrap dengan model undakan tak beraturan dari kayu. Mereka meninggikan lahan dengan batuan sebelum kemudian menata susunan kayu di atasnya secara berundak tidak beraturan. Susunan kayu sengaja dibuat tidak beraturan untuk memberi kekuatan estetis.

Untuk itu pula kayu sebelumnya dilapis oleh lilin khusus yang membuat kesan kayu tampak basah dan lapuk. Padahal, pembuatnya sengaja memilih kayu jenis kuat yang tidak mudah lapuk karena aliran air dan efek pembusukan sekam.

Di antara sela kayu mereka memasukan media tanam seperti tanah dan sekam. Kemudian menanam tanaman di antara sela kayu tersebut dengan jenis tanaman perdu berdaun kecil dan berukuran pendek. Jenis tanaman perdu pendek ini akan membuat efek trap yang cantik ini semakin terlihat jelas.

Dan kini lahan yang super sempit di sudut depan rumah Anda akan hadir asri dan eksotis berkat kehadiran taman kecil depan rumah bergaya berundak ini. Siapa yang tidak akan jatuh cinta pada taman cantik ini.

Bacaan Terkait: