HOME
Home » Desain » Prinsip Dasar Desain Interior Ala Skandinavia

Prinsip Dasar Desain Interior Ala Skandinavia

Posted at November 14th, 2015 | Categorised in Desain

Pernahkah Anda mendengar nama besar IKEA? Sebuah brand dunia yang mengetengahkan produk interior baik itu aksesoris dan furniture dengan gaya yang simpel, ringan tetapi unik dan kadang cukup eklektik? Maka kini Anda sudah bisa membayangkan seperti apa sebenarnya konsep dasar dari desain interior dengan gaya Skandinavian.

Berawal dari bagaimana kalangan menengah benua Eropa utara atau kawasan Skandinavia beradaptasi dengan krisis yang harus mereka hadapi pasca perang di tahun 1950. Ketika kawasan Eropa tengah semacam Inggris dan Perancis kemudian kembali mengadaptasi gaya art deco yang klasik dari era 20an. Maka kalangan dari kawasan Skandinavia membuat desain yang lebih simpel lagi. Kadang mereka memanfaatkan apa yang ada disekitar mereka, mendandaninya ulang dan menggunakannya kembali.

Desain Interior Rumah Minimalis Ala Skandinavia

Justru ide-ide kreatif mereka yang simpel dan mudah inilah yang kemudian melahirkan beragam kreatifitas yang fantastis untuk konsep Skandinavian style. Lahirlah beragam furniture dalam bentuk yang simpel, sederhana dan tanpa detil. Berkonsep sangat ringan dan ramping supaya tidak memakan material berlebihan.

Desain interior bergaya Skandinavia sangat suka memadukan beragam material dalam sebuah produk, bahkan memadukan beragam produk interior dari beragam material dalam satu ruangan. Mulai dari logam, kayu dan PVC dan fiber.

Desain Interior Skandinavia Klasik

Pada prinsipnya, konsep desain interior ini adalah tampilan yang ringan, terang, bersih dan sederhana. Mereka kurang suka detil yang rumit. Nuansa dekorasi mereka cenderung terkesan simetris, sedikit kaku, dan minimalis. Ukuran tidak dibuat besar bahkan kadang seolah semua furniture dibuat dalam ukuran yang diperamping dan diperkecil sebisa mungkin.

Desain Interior Modern Ala Skandinavia

Namun di sisi lain, mereka tetap menyukai perpaduan antara kesan alami dan natural. Mereka menyukai jendela besar ketimbang cahaya lampu yang berlebihan. Mereka menyukai lantai dari bahan granit, marmer atau kayu ketimbang lantai mewah. Kadang lantai dalam warna alami semenpun bisa menjadi pilihan mereka.

Desain Interior Gaya Skandinavia

Kadang mereka membiarkan dinding dalam tampilan susunan bata alami dan plafon yang tetap alami dengan lapisan kayu yang kentara tanpa dicat. Ini memang seakan akan terlihat kontras dengan kehadiran rak dan lemari yang berpotongan kaku dan kursi-kursi yang berbentuk tidak standar. Tetapi di sinilah justru pesona dari konsep  desain interior Skandinavian Style.

Bacaan Terkait: