HOME
Home » Ruang Keluarga » Ruang Keluarga Mungil Dengan Interior Ringan Scandinavian

Ruang Keluarga Mungil Dengan Interior Ringan Scandinavian

Posted at March 30th, 2015 | Categorised in Ruang Keluarga

Tak banyak yang mengenal istilah Scandinavian style di Indonesia, padahal gaya ini sudah begitu banyak merasuk dalam gaya interior hunian minimalis di Indonesia… Ya… Gaya minimalis yang ringan itu memang gaya dari Scandinavia style. Selama ini Anda mengenalnya sebagai gaya minimalis kontemporer. Gaya yang bayak digunakan dalam hunian ukuran kecil macam ruang keluarga mungil, dapur kecil atau kamar berukuran sempit.

Ruang Keluarga Mungil Sederhana Ruang Keluarga Mungil Minimalis Terbaru Ruang Keluarga Mungil Minimalis Modern Ruang Keluarga Mungil Klasik Ruang Keluarga Mungil Kontemporer Ruang Keluarga Mungil Minimalis Kontemporer Ruang Keluarga Mungil Minimalis Ruang Keluarga Mungil Modern Kontemporer

Sebenarnya Scandinavian style ini merupakan pengembangan dari gaya art deco yang sebelumnya sudah dikenal di daratan Eropa pada masa tahun 20an. Pada dasarnya, gaya art deco pula yang menjadi dasar dari faham interior minimalis. Dimana demi alasan ekonomis, kalangan perancang mencoba menelurkan ide penyederhanaan desain dari masa penuh ukiran yang berat di era awal 1900 menjadi sangat simpel dan kaku sebagaimana Anda biasa lihat di era tahun 20an.

Perkembangan teknologi menemukan beragam bahan dan materi selain kayu sebagai materi furniture dan menemukan semakin banyak cara membuat aneka furniture dan aksesorisnya dengan temuan-temuan materi ini. Mereka lebih ringan dan lebih luwes untuk dibentuk.

Dan kemajuan teknologi pula yang memberi kemampuan para perancang membuat desain yang lebih simpel dari sekedar era art deco, lebih ramping dari sekedar bentuk-bentuk geometrsi yang kaku, lebih ringan dari sekedar bahan baku kayu dan lebih ceria dari sekedar warna kayu yang cokelat.

Ini yang kemudian dikenal sebagai desain ala Scandinavian style. Pengembangan modern dari gaya art deco dengan cara yang lebih eklektik. Semakin sempurna dalam memberi efek ringan dan lapang bagi ruangan Anda, termasuk ketika Anda ingin menata ruang keluarga mungil.

Anda bisa mulai dengan menggunakan cat dinding yang cerah untuk efek lapang. Karena terang dan bersih adalah konsep utama dari gaya Scandinavian. Kemudian beri efek natural pada desain misalkan dengan memiliki lantai dari parquet berwarna netral.

Kemudian beranikan diri Anda untuk memadu padankan beragam materi furniture dan dekorasi dalam satu ruangan dengan satu konsep yang sama, ringan.  Anda bisa padukan materi lembut, kayu, logam, plastik, fiber dan masih banyak lagi. Hindari furniture  yang terkesan berat, penuh detil dan terkesan terlalu klasik. Anda bisa meringankan efek klasik dari furniture tua Anda dengan pewarnaan ulang yang lebih segar seperti dengan warna kuat atau dengan pewarna putih.

Tambahkan asksesoris yang ringan dan tetap dalam tema yang bersih. Misalkan lukisan atau foto hitam putih dengan bingkai logam, Tambahkan pula permainan warna untuk membuat nuansa terasa lebih dinamis dan ceria. Siapa sangka menata rumah keluarga mungil bisa menjadi demikian mudah berkat gaya Scandinavian style.

Bacaan Terkait: