HOME
Home » Desain » Rumah Adat Indonesia: Kekayaan Asli Indonesia

Rumah Adat Indonesia: Kekayaan Asli Indonesia

Posted at November 20th, 2014 | Categorised in Desain

Indonesia yang merupakan negara keberagaman memiliki berbagai perbedaan yang tetap menjadikan satu ikatan di bawah naungan pancasila. Sumber daya alam dan kekayaan alam Indonesia tidak ternilai harganya. Namun Indonesia juga memiliki banyak suku dari Sabang hingga Merauke yang juga sangat mulia. Setiap suku memiliki bagian-bagian penting bagi kehidupan masyarakat, seperti pakaian adat, tari, upacara tradisional, makanan khas, dan bahasa daerah yang menjadi identitas bangsa. Selain itu rumah adat Indonesia juga menjadi kebanggaan bagi rakyat Indonesia sendiri. Rumah adat juga menjadi cerminan dari setiap suku-suku di Indonesia.

Rumah Adat Indonesia Jawa

Rumah adat Indonesia mewakili kebudayaan suatu suku di Indonesia. Rumah adat juga mempunyai arti yang penting dan juga mewakili bagian dari sejarah, warisan dan bukti perkembangan suatu rakyat ataupun peradaban manusia. Rumah adat khas Indonesia memiliki 33 provinsi juga mempunyai rumah adat yang beraneka ragam bentuk dan ciri khas. Rumah adat tersebut tentunya telah bertahan dari tahun ke tahun. Dan menjadi bentuk suatu perkembangan manusia ke zaman yang lebih modern. Namun nenek moyang dalam membangun rumah adat sudah tentu memperhatikan dari segi keamanan, filosofi dan tentunya juga mengandung nilai kesenian yang luhur.

Rumah Adat Indonesia Rumah Gadang Sumatera Barat

Rumah Adat Indonesia Jambi

Setiap bagian dari Rumah adat Indonesia tentunya memiliki arti dan menjadi symbol tersendiri. Setiap lengkung bagian atap atau tangga yang dibangun agak tinggi pun mempunyai makna tersendiri. Misalnya saja pada rumah Limas yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan. Rumah Limas ini memiliki tingkatan rumah yang disertai dengan adanya lima ruang yang disebut Kijing. Kijing tersebut merupakan symbol dari lima tahap kehidupan masyarakat Sumatera Selatan yaitu usia, jenis, bakat, pangkat, dan martabat. Tingkat atau kijing yang dimiliki rumah Limas tersebut juga menandakan garis keturunan masyarakat Palembang.

Rumah Adat Indonesia Aceh

Mengingat betapa luhurnya warisan nenek moyang, sudah selayaknya generasi penerus mau melestarikan Rumah adat Indonesia. Seperti yang kita tahu rumah adat khas Indonesia mulai tergerus dan tersingkirkan oleh perkembangan zaman yang semakin maju. Tentunya rakyat Indonesia tidak menginginkan rumah adat yang bernilai tinggi hanya akan menjadi kenangan bagi kita pemilik rumah adat itu. Sudah saatnya mengedukasi generasi penerus mengenai apa saja kekayaan yang di miliki Indonesia tercinta.

Rekomendasi: Kupas Tuntas Rumah Adat Jawa

Bacaan Terkait: