HOME
Home » Desain » Rumah Jepang, Inspirasi Apik Dalam Kesederhanaan

Rumah Jepang, Inspirasi Apik Dalam Kesederhanaan

Posted at January 27th, 2015 | Categorised in Desain

Rumah Jepang memiliki satu ciri khas, yakni kesederhanaan. Rumah ditata dengan cara yang praktis, simpel, rapi dan terkesan ringan. Hanya dibangun dengan bahan baku sederhana, ringan dan sepenuhnya mengusung konsep simpel.

Bahkan lebih dari itu, rumah Jepang juga hadir dengan sedikit furniture, dan bilapun mereka menggunakan furniture, selalu dalam desain simpel, hampir tanpa detil, praktis dan tidak memakan tempat. Saking praktisnya kadang funitur ini bisa begitu saja diselipkan di satu ruang simpan kecil ketika tidak terpakai.

Dalam desain rumah Jepang asli, semua fasad furniture dibuat tanpa kaki, karena memang bangunan Jepang pada umumnya tidak terlalu tinggi. Ini terkait dengan kekuatan bangunan yang harus mereka sesuaikan dengan kerentanan geografi mereka terhadap gempa.

Rumah Jepang Interior Minimalis Modern

Untuk itu biasanya bangunan rumah Jepang hanya terbuat dari batu pada dasar, kayu pada susunan dinding dan rangkanya dengan kertas sebagai penutupnya. Sangat ringan sehingga sekalipun rubuh tidak akan melukai penghuni di dalamnya. Fokus pada bahan ringan masih bisa Anda jumpai pada atap, karena atap terbuat dari kayu ringan, kayu sirap atau bambu ringan yang tahan air.

Rumah Jepang Modern Minimalis

Kesederhanaan Rumah Jepang Hadir Dari Bahan Dan Detail

Kesederhanaan bukan hanya hadir dari bahan, tetapi dari detil. Rumah Jepang cenderung sepi detil, hadir hampir tanpa ukiran dan ulir rumit, dengan bentuk yang rata-rata kaku dan monoton. Nuansa warna dalam dan luar ruangan adalah monokrom hitam, cokelat dan putih.

Satu catatan lagi, dalam arsitektural Jepang, rumah harus praktis, setiap sela ruangan bermanfaat, sket ruangan bisa dilepas, lemari menyatu dengan dinding, space kosong sebagai ruang simpan perabot yang tersembunyi, tempat tidur yang tersimpan di balik dinding dan sebagainya. Dan setiap pintu bisa terbuka lebar untuk memberi akses untuk sirkulasi udara optimal dan itupun dengan pintu sistem buka geser, jadi lagi-lagi tidak memakan tempat.

Rumah Jepang Tradisional

Konsep sederhana, simpel dan rapi bahkan kaku juga muncul dari nuansa eksterior hingga penataan taman ala Jepang. Konsep super tertata simetris seakan segala sesuatu dipertimbangkan dengan rasio dan ukuran yang tepat juga muncul dalam penataan taman. Akan muncul keseimbangan rata antara tanaman tinggi, tanaman perdu pendek, bunga-bungaan, batu bahkan unsur kayu atau pagar.

Rumah Jepang Interior Klasik

Itulah daya tarik desain asli rumah Jepang yang kaya akan nuansa kesederhanaan. Bila Anda tertarik untuk mengadopsi desain unik gaya Jepang yang praktis, simpel dan rapi ini, Anda bisa temukan informasinya di sini.

Bacaan Terkait: