HOME
Home » Desain » Rumah Kecil Minimalis Inspirasi Hunian Jepang

Rumah Kecil Minimalis Inspirasi Hunian Jepang

Posted at February 8th, 2015 | Categorised in Desain

Pada kesempatan sebelumnya kami sempat membahas mengenai bagaimana konsep rumah jepang secara mendasar. Kali ini kami akan mencoba mengulas bagaimana menjadikan hunian apik ala Jepang ini menjadi inspirasi dasar dari rumah kecil minimalis milik Anda.

Rumah Kecil Minimalis Interior Rumah Jepang Rumah Kecil Minimalis Desain Interior Inspirasi Rumah Jepang Rumah Kecil Minimalis Inspirasi Hunian Jepang Rumah Kecil Minimalis Inspirasi Rumah Jepang

Adaptasi Rumah Jepang Pada Rumah Kecil Minimalis

  1. Gunakan warna monokrom
    Bagi masyarakat perkotaan di Indonesia, rumah dengan fasad bangunan mayoritas kayu memang tidak lagi umum digunakan. Jadi di sini kita tetap menggunakan bangunan dinding bata dengan finishing menggunakan cat dasar putih. Ingat dalam eksterior dan interior Jepang, mereka cenderung menyukai warna monokrom.
  2. Pintu dan Jendela
    Konsep rumah Jepang bisa Anda hadirkan pada daun pintu dan daun jendela yang Anda buat sederhana, cukup dalam bentuk dasar, tanpa detil, berukuran besar dengan sistem bukaan geser.
  3. Gorden Simple
    Ganti gorden berbentuk berjumbai dengan gorden sederhana yang bersistem slide up sehingga terkesan rapi dan tanpa detil.
  4. Lantai Kayu Parquet
    Rumah gaya Jepang menyukai lantai kayu atau lantai keramik dalam warna natural, jadi Anda bisa adaptasi menggunakan parquet atau dengan keramik warna terakota muda. Dan gunakan eternit dari bilah kayu dengan finishing natural untuk menyesuaikan dengan lantai.

Adaptasi Interior Rumah Jepang Pada Rumah Kecil Minimalis

Bangunan dalam rumah gaya Jepang selalu fungsional dan praktis. Adopsi hal ini dalam rumah kecil minimalis Anda. Hindari ruang kosong yang tidak berfungsi, selalu temukan celah seperti dibawah tangga, di antara sket ruang sebagai ruang simpan.

Kini kita akan bicara soal furniture, konsep yang perlu menjadi catatan di sini, kepraktisan dan kerapian. Dalam rumah ala Jepang, bahkan banyak fungsi furniture hanya muncul sebagai fungsi tanpa ada fasad bendanya. Maksudnya mereka kerap menyembunyikan rak pakaian di dalam dinding,bahkan kasur di balik dinding. Jadi ketika Anda memasuki ruangan seakan hanya ruang kosong kecil. Ternyata di dua sisi dinding tersembunyi rak pakaian dan tempat tidur.

Tetap mempertahankan konsep rapi dan praktis, Anda bisa membuat lemari build in dengan bentuk tanpa detil ke dalam dinding, membuat sebuah ruang kerja lipat yang ketika tidak terpakai bisa Anda lipat sehingga menghemat tempat.Konsep serupa bisa Anda usung di seluruh ruangan, seperti membuat meja makan lipat, sofa ruang keluarga menjadi tempat tidur dan sebagainya.

Terakhir, sentuhan dekorasi paling tepat untuk rumah kecil minimalis gaya Jepang adalah aksesoris dengan model simpel, berbentuk kotak sempurna dengan detil minimalis. Anda menambahkan lukisan, patung, ukiran, bunga dan sebagainya. Satu yang terpenting untuk Anda disini, hindari warna-warna dan bentuk berlebihan. Dan kini rumah kecil minimalis Anda sudah tampil apik dalam gaya Jepang.

Bacaan Terkait: