HOME
Home » Beli Rumah » Teknis Dalam Melakukan Over Kredit Rumah

Teknis Dalam Melakukan Over Kredit Rumah

Posted at January 26th, 2015 | Categorised in Beli Rumah

Ada banyak cara bagi seseorang untuk bisa memiliki rumah dan property. Salah satunya dengan teknik over kredit rumah. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan teknik membeli rumah KPR dengan cara kredit biasa. Yang membedakan, pada over kredit rumah Anda mengambil alih kepemilikan rumah dari seorang pemilik yang masih menyelesaikan tanggung jawab kreditnya.

Di sini Anda berkewajiban membayar sejumlah uang sesuai kesepakatan sebagai penggantian nilai kredit yang sudah disetorkan pemilik pertama dan meneruskan pembayaran kredit rumah bulanan ke pihak pembiayaan sampai masa kredit rampung.

Karena posisi surat-surat dari rumah sudah pasti masih terikat di dalam bank atau lembaga pembiayaan, maka mau tidak mau akan ada pihak ketiga yang termasuk dalam kesepakatan. Selain karena dengan transaksi jual beli over kredit rumah ini, pihak pembiayaan atau bank akan memindahkan penagihan atas nama pembeli kedua.

Over Kredit Rumah Murah

Cara dan Tahapan Proses Over Kredit Rumah

Bagaimana teknik pemindahan hak dan proses over kredit rumah ini dijalankan? Anda bisa temukan cara-caranya dalam tahapan berikut ini.

  1. Pihak pemilik pertama (penjual) dan pemilik kedua (pembeli) membuat keterangan hitam di atas putih mengenai kesepakatan pembelian, pengalihan kredit dan pembayaran dana kas yang sudah ditanda tangani kedua pihak.
  2. Kedua pihak harus menemui pihak bank untuk menjelaskan maksud mereka untuk over kredit rumah. Dalam proses ini kedua pihak perlu mempersiapkan semua berkas terkait, seperti IMB, fokokopi PBB, bukti angsuran, KTP kedua pihak (beserta istri atau suami bila ada), kartu keluarga dan buku nikah. Kadang masing-masing lembaga pembiayaan dan bank memberikan persyaratan spesifik yang berbeda dan ini bisa Anda konsultasikan kepada pihak representative mereka.
  3. Pihak pertama dan kedua juga menemui pihak notaris (biasanya ditunjuk oleh pihak bank) untuk melakukan perjanjian jual beli legal atau akta jual beli termasuk pula kesepakatan over kredit rumah.
  4. Setelah akta jual beli jadi Anda serahkan kepada pihak bank, untuk kemudian diproses sistem administrasinya. Biasanya proses perbankan akan memakan waktu beberapa jam sampai 1 hari. Anda tidak mutlak harus menunggu proses di dinas pertanahan rampung untuk urusan perbankan.

Over Kredit Rumah Bekasi

Dan sekarang prosedur over kredit rumah antara kedua belah pihak telah selesai. Secara langsung pihak bank menganggap pihak kedua resmi menjadi pemilik sekaligus sebagai penanggung jawab kredit atas rumah di bulan berikutnya.

Bacaan Terkait: