HOME
Home » Beli Rumah » Tips Membeli Rumah Bekas Kuno

Tips Membeli Rumah Bekas Kuno

Posted at March 10th, 2015 | Categorised in Beli Rumah

Kadang kala ketika Anda berniat membeli rumah untuk hunian keluarga, Anda bisa jadi malah terjebak pada beragam pilihan rumah kuno. Biasanya problem semacam ini muncul ketika Anda mencari rumah di kawasan kota kecil dimana tidak banyak perumahan di buka. Ketika Anda mau tidak mau harus membeli rumah bekas, maka Anda perlu melakukan beberapa tips membeli rumah bekas berikut untuk menghindarkan Anda salah memilih rumah.

Biasanya bangunan dikatakan berusia tua bila sudah berusia di atas 20 tahun. Meski banyak bangunan dengan usia setua ini masih layak huni, tentu saja ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Anda ketika Anda memutuskan membeli rumah bekas yang usianya sudah tua. Bahkan Anda bisa menyulap rumah antik  dan kuno tersebut menjadi model rumah idaman modern

Tips Membeli Rumah Bekas Peninggalan Belanda Tips Membeli Rumah Bekas Belanda Tips Membeli Rumah Bekas Kuno Layak Pakai Tips Membeli Rumah Bekas Kuno

Tips Membeli Rumah Bekas Kuno Berumur

Apa saja tips membeli rumah bekas tua? Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Pastikan kualitas bangunan
    Jangan salah sangka dalam membeli rumah bekas, malah kebanyakan bangunan tua dengan usia di atas 20 tahun kerap kali dibangun dengan material lebih baik dan teknik yang membuat bangunan lebih tahan lama. Belum lagi kalau bangunan juga menggunakan kayu jati sebagai rangka dan kisi jendela serta pintu. Tetapi tidak lantas Anda boleh yakin kalau kualitas bangunan pasti tetap baik, karena setelah 20 tahun lebih bukan mustahil bangunan akan tetap sama baiknya dengan bangunan baru. Perhatikan kondisi dinding, teralis, atap, kisi jendela, dan bagian bangunan lain. Perhaikan juga kondisi listrik serta  sistem berlanggananannya dan masalah septic tank karena kadang dalam rumah tua posisi septic tank tidak pada posisi sehat.
  2. Pastikan masalah hukum
    Kadang rumah tua erat kaitannya dengan rumah waris yang memungkinkan rumah tesebut sebenarnya dalam sengketa. Jadi, tips membeli rumah bekas yang kedua, baiknya Anda pastikan dulu kelengkapan surat, masalah-masalah kepemilikan dan hal-hal terkait hukum dari rumah. Anda bisa juga mencari tau ke tetangga sekitar untuk memastikan rumah memang bebas sengketa dan masalah sejenisnya.
  3. Pastikan masalah akses
    Rumah tua memang cenderung murah, tetapi apakah rumah tersebut cukup mudah diakses? Apakah letaknya cukup sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan sejauh mana fasilitas di sekitar rumah tersebut, sedekat apa dengan unit kesehatan, unit pendidikan dan sebagainya.
  4. Pastikan soal harga
    Tetap pastikan harga yang diajukan oleh penjual sesuai dengan harga wajar pasaran di kawasan bersangkutan. Baik itu harga tanah dan harga bangunannya. Lakukan survey dan bandingkan dengan harga penawaran supaya Anda tidak membeli di atas harga rumah bekas wajar.

Tidak ada salahnya membeli rumah tua karena kadang rumah tua bisa jadi akan memberi efek dan nuansa berbeda dari rumah baru. Apalagi kerap kali kualitas bangunannya lebih baik dari rumah baru. Tetapi Anda tetap harus berhati-hati dengan menerapkan tips membeli rumah bekas kuno di atas sebelum Anda malah tertipu.

Bacaan Terkait: