HOME
Home » Beli Rumah » Tips Membeli Rumah Dalam Perumahan Tahap 1

Tips Membeli Rumah Dalam Perumahan Tahap 1

Posted at January 31st, 2015 | Categorised in Beli Rumah

Tips membeli rumah dalam perumahan ini dapat Anda jadikan pedoman agar tidak salah dalam membeli rumah. Bagaimana mungkin membuat kesalahan dalam membeli rumah? Banyak kesalahan yang mungkin terjadi saat membeli rumah. Jika setelah menempati rumah itu ternyata Anda merasa kecewa, kurang ini kurang itu, maka itu artinya Anda telah melakukan kesalahan dalam membeli rumah. Karena itu Anda membutuhkan tips membeli rumah.

Kebanyakan orang yang sedang mencari rumah pertama mereka cenderung memilih rumah dalam perumahan ketimbang dalam lingkungan umum. Ini karena orang awam merasa lebih nyaman membeli rumah jadi baru siap huni ketimbang harus berjibaku membangun rumah sendiri dari awal. Tidak hanya dipandang lebih efektif, rumah dalam perumahan juga dinilai lebih aman karena biasanya sudah terfasilitasi dengan sistem keamanan yang baik.

Itu sebabnya kali ini kami akan mengulas mengenai tips membeli rumah dalam perumahan.  Karena meski sudah dikelola secara professional, Anda tetap memerlukan langkah langkah praktis dalam membeli rumah dalam perumahan supaya tidak tertipu atau malah salah paham dan salah langkah.

Tips Membeli Rumah di Perumahan Tips Membeli Rumah Murah Tips Membeli Rumah Murah Mewah Tips Membeli Rumah Minimalis Type 45

Tips Membeli Rumah Dalam Perumahan

Berikut ini adalah 5 poin pertama dari 10 tips membeli rumah baru dalam perumahan.

  1. Survey terhadap perumahan
    Langsung kepincut dengan desain rumah dan kawasan yang terasa sejuk? Jangan langsung terbuai dan membeli tanpa pikir panjang. Coba lakukan survey mengenai kawasan perumahan dan perumahan itu sendiri. Baik itu transportasinya, bebas banjir atau tidak, keamanan lingkungan dan sebagainya.
  2. Survei terhadap developer
    Selain survey terhadap perumahan sebaiknya Anda melakukan survey mengenai developer yang membangun perumahan tersebut. Bagaimana track recordnya, sejauh mana kredibilitasnya dan perumahan mana saja yang sudah mereka bangun.
  3. Pahami harga wajar perumahan
    Tentukan kriteria rumah yang Anda kehendaki ukuran rumah dan tanahnya, lingkungan yang ingin Anda miliki dan sebagainya. Tips membeli rumah ke-3 adalah lakukan survey harga tanah di sana, lakukan perhitungan harga wajar rumah dengan standar hitungan yang sudah kami ulas di sini. Masukan juga taksiran nilai fasilitas yang Anda dapatkan. Kalau harga terlalu jauh di atas taksiran wajar, tak ada salahnya mencari alternatif lain.
  4. Pastikan status ketersediaan rumah
    Pastikan rumah bersangkutan sudah siap huni atau malah amsih indent. Ketahui dengan baik kapan rumah bisa Anda gunakan, biasanya bila rumah siap huni dalam 1 -2 bulan setelah pembayaran atau begitu sertifikat terbit, maka otomatis Anda sudah bisa huni, tetapi bila rumah indent setidaknya Anda membutuhkan 8 bulan untuk rumah siap huni.
  5. Lakukan survey fisik
    Ada baiknya Anda melakukan survey fisik terhadap rumah yang akan Anda incar. Terutama kalau rumah sudah siap huni. Tetapi kalau rumah bersifat indent, tak ada salahnya sedikit beramah tamah dengan tetangga rumah untuk mendapat informasi lengkap soal kualitas bangunan.

Anda masih ingin tau apakah tips membeli rumah baru dalam perumahan selanjutnya? Anda bisa ikuti di Tips Membeli Rumah Baru Dalam Perumahan Tahap 2.

Bacaan Terkait: