HOME
Home » Beli Rumah » Tips » Tips Membeli Rumah KPR Yang Aman

Tips Membeli Rumah KPR Yang Aman

Posted at March 16th, 2015 | Categorised in Beli Rumah, Tips

Cara paling mudah mendapatkan rumah baru adalah dengan membuka rumah secara KPR. Tapi ternyata untuk bisa memiliki rumah secara KPR ada sederet hal yang perlu Anda perhatikan. Karena masalah property juga sarat dengan sengketa dan masalah resiko resiko lain. Untuk itu ketika Anda berniat membeli rumah dengan mudah dan cepat, berikut ini adalah tips membeli rumah KPR.

Tips Membeli Rumah KPR Agar Disetujui Tips Membeli Rumah KPR Agar Aman Tips Membeli Rumah KPR Yang Aman Tips Membeli Rumah KPR Yang Jitu

Tips Membeli Rumah KPR DenganĀ Aman

  1. Pilihlah developer dengan track record baik
    Dunia property sarat akan sengketa, dan kebanyakan penipuan dilakukan oleh pihak developer. Pastikan Anda memilih perumahan yang dikelola oleh developer yang sudah memiliki track record baik. Tidak harus berjam terbang panjang, karena kadang justru dari developer pemula ini Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga miring. Tetapi setidaknya mereka sudah punya pengalaman dan dalam pengalaman ini tidak ada riwayat rancu soal pembangunan dan masalah keuangan.
  2. Pilihlah perbankan yang memberikan layanan memadai
    Banyak bank dan lembaga keuangan menyediakan pinjaman KPR, tapi bukan lantas Anda bisa sembarang memilih bank. Pilihlah yang memberikan banyak layanan dengan kredibilitas yang tinggi. Banyak kasus dimana perjanjian di awal tidak sesuai dengan pelaksanaannya dan akhirnya menjerat pihak peminjam. Jadi selalu lakukan survey awal sebelum menjatuhkan pilihan bank.
  3. Masalah bunga
    Jangan anggap remeh masalah beban bunga dan cicilan yang harus Anda bayarkan tiap bulan. Salah-salah Anda akan terjebak dan akhirnya akan kesulitan membayar. Tanyakan dengan jelas dan detil masalah kebijakan bunga, sistem pembayaran, sistem pelunasan lebih awal, penyetoran pembayaran di tengah dan sebagainya. Kadang ada perbankan yang tidak menerapkan bunga tetap, menerapkan sistem bunga mengambang dan kadang kala ada biaya tambahan lain yang tidak Anda sadari ketika pencairan.
  4. Masalah persyaratan pengajuan
    Jangan terburu-buru dalam mengajukan KPR karena bisa jadi uang tanda jadi alias Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) Anda bisa hangus ketika Anda ternyata tidak di ACC pihak bank akrena persyaratan yang tidak terpenuhi. Jadi ketika Anda melakukan survey ke pihak bank, jangan lupa tanyakan syarat dan ketentuan ACC dengan jelas dan sebelum Anda mengambil langkah pengajuan pastikan semua syarat dan ketentuan sudah Anda penuhi.
  5. Masalah sertifikat
    Beberapa developer menerapkan aturan mengenai pencetakan sertifikat ketika pembayaran sudah masuk angka tertentu ke pihak developer. Ini adalah salah satu celah yang kadang menjadi masalah di kedepannya. Jadi pastikan semua sudah dalam satu kesepahaman supaya proses pengajuan lancar.

Kini Anda bisa lebih siap mengajukan kredit perumahan ke pihak Bank. Karena Anda sudah memgantongi referensi tips membeli rumah KPR yang akan memandu Anda membeli rumah secara kredit dengan aman.

Bacaan Terkait: